Kegiatan Bedah Karya Arsitektur Pasar Pon Trenggalek Pasar Modern Berbasis Green Building Architecture

 Kegiatan Bedah Karya Arsitektur Pasar Pon Trenggalek Pasar Modern Berbasis Green Building Architecture

Pada tanggal 22 Januari 2021 pukul 18.30 – 21.20 via zoom meeting dan streaming YouTube, IAI Wilayah Malang bersama dengan Dekkson dan Allure (ASTRAL Aluminium System) mengadakan acara IDREK AREMA NGALAM 2.0 bertemakan Pasar Modern berbasis Green Building yang ada di Trenggalek Jawa Timur. Acara ini dihadiri oleh ± 325 peserta. Pada acara ini dibahas mengenai proses desain Pasar Pon Trenggalek yang awalnya terbakar pada 25 Agustus 2018.

Pasar Pon ini mengadaptasi bentukan Borough Market London . Prinsip bentuknya adalah arsitektur klasik dengan proporsi ,simetri,berjenjang dan berulang. Passive Cooling melalui hukum konveksi udara panas cenderung ringan (naik) dan udara dingin cenderung berat (turun).

Selain itu bangunan ini juga menerapkan prinsip bangunan hijau. Hal yang diperlukan untuk mencapai syarat sebagai bangunan hijau ada 7 (tujuh) point, yaitu :

  1. Pengelolaan Tapak
  2. Efisiensi Energi
  3. Efesiensi Air
  4. Kualitas Udara dalam Ruang
  5. Material Ramah Lingkungan
  6. Pengelolaan Sampah
  7. Pengelolaan Limbah

Untuk lebih jelasnya materi bisa di download di link yang telah kami sediakan. IAI Wilayah Malang berterima kasih atas bantuann dari berbagai pihak yang telah mendukung acara ini. Kepada pembicara yaitu Muhammad Chottob , IAI dan Adhi Firman Hidayat , IAI yang telah memberikan ilmu dan pengalamannya kepada kami. Moderator Kami A. Farid Nazarrudin , ST.,MT dan Dian Widatama, IAI yang telah memandu jalannya acara kami sehingga acara kami dapat berjalan dengan baik. Kepada para peserta yang antusias mengikuti rangkaian acara kami hingga selesai. Semoga kita bisa bertemu lagi diacara selanjutnya IDREK 3.0.

Berikut kami sertakan link untuk mendownload IDREK 2.0:
https://drive.google.com/drive/folders/12GkM4OSs8nKjG-LEQTIBFaUTd_eUwbXL

Developer

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *