RUMAH ROSE MANGGAR

 RUMAH ROSE MANGGAR
Arsitek:Wahyu Dj Sastrowijono
Lokasi:Jl. Manggar, Kota Malang
Luas Lahan:101 m²
Luas Bangunan:85 m²
Fotografer:Muhammad Chottob, W. IAI

Sebuah rumah mungkin lahannya mungil, tapi tidak boleh menutup kemungkinan inovasi arsitek yang boleh jadi, dapat melampaui batasan sebuah lahan yang mungil itu dengan imajinasinya. Dengan lahan hanya berukuran 6 x 16 m², rumah ini memiliki sebuah taman dalam atau innercourt yang cukup luas dan dapat dinikmati dari kedua massa bangunan didepan dan dibelakang. Pembagian masa depan dan belakang ini juga bertujuan memisahkan dengan jelas; fungsi bangunan depan yang lebih kepada area penerima tamu dan menyimpan kendaraan, dengan fungsi bangunan di belakang yang dikhususkan pada tempat tinggal.

Kebetulan sang pemilik memiliki usaha yang memerlukan gudang, dimana gudang tersebut tidak di dalam satu lahan dengan rumah ini, namun ada pada lokasi tak jauh dari rumah ini. Namun pemilik juga sering menerima tamu yang banyak berkaitan dengan bisnis. Karena itu massa bangunan bagian depan lebih banyak dikhususkan menerima tamu dan juga berfungsi sebagai kantor. Di dalam ruang kantor ini pula, terdapat sarana untuk display material yang berkaitan dengan bisnis tersebut.

Sementara itu bagian belakang diisi dengan ruang keluarga, dapur, dan sebuah area untuk makanan yang berada di luar atau pada taman dalam. Hal ini menjadikan rumah terasa memiliki konsep hunian taman atau garden house. Adapun lantai dua hanya ada pada bagian massa belakang. Dengan pamandangan baikan ke arah taman dalam juga. Baik masa depan dan belakang mendapatkan manfaat yang besar dari taman tengah tersebut.

by :

Nama:Wahyu Jatmiko
No. Telpon:081233008847 / 081260080987
Instagram:@wahyu_dj_sastrowijono
Email:wahyu_studio8@yahoo.co.id

Sumber : Buku 25 Karya Arsitek IAI Malang, Penulis : Probo Hindarto
Sumber Foto : Dokumen Pribadi

Developer

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *